hosting
hosting

Kamis, 15 Januari 2009

Uji keamanan Akses internet


PC BERKOMINIKASI kedunia luar melalui port. Tiap computer terdiri atas 65535 port. Kalian bisa membayangkan port ini sebagai kotak surat kalin. Setiap kotak surat memiliki alamat yang berbeda-beda. Apabila sebuah program ingin mengirim data ke computer lain, ia harus mengirimnya melalui nomer port yang spesifik. Kemudian computer yang akan menerimanya juga harus menjalankan program yang sudah diatur untuk menerima data dari port yang telah ditentukan. Dengan demikian data yang dikirim tadi dapat dibaca oleh computer lainnya.

Dalam dunia nyata, prosesnya tidak sesederhana itu. Kondisi port yang “terbuka” justru bisa dimanfaatkan para hacker untuk melakukan akses ilegal terhadap PC kalian maka diciptakanlah yang namanya firewall. Firewal dibuat untuk menutupi port yang tidak digunakan dan mengontrol penggunaan port aktif dari orang yang tidak berhak.
Selain menginstal dan mengonfigurasi firewall, apakah PC kalian sudah aman ? jangan yakin dulu sebelum kalian mengujinya. Maka tidak ada salahnya apabila kalian mengujinya terlebih dahulu, untuk itu ikutilah langkah - langkah dibawah ini…


Lakukan langkah berikut untuk menguji seberapa tangguh PC anda.

  1. Buka internet Explorer atau Firefox dan jelajahi situs http://www.grc.com
  2. Setelah halaman web terbuka, arahkan pointer mouse ke tab [service] lalu pilih dan klik [ShieldsUP!] kemudian klik tombol [Proceed].
  3. Klik link [All Service Port] untuk memulai scan.
  4. Tak lama kemudian akan muncul jendela yang menguji tingkat keamana web kalian. Jika terdeteksi baik maka akan muncul blok berwarna hijau atau biru. Namu jika ditemukan adanya port yang tebuka dan membahayakan, maka akan ditandai dengan tanda merah. (lihat gambar dibawah ini... tapi hanya berwarna hijau dan biru saja di contohnya ini, alhamdullilah tidak terdeteksi warna merah nya.... hehehehe)
  5. Selanjutnya, lakukan tindakan konfigurasi pada firewall anda untuk menutup celah yang ditemukan.
Cara diatas sangat efektif jika kalian ingin memindah PC pribadi. Jika kebetulan kalian memiliki jaringan dengan jumlah computer yang banyak lalu mengunakan trik diatas, tentu sangat merepotkan. Solusinya, gunakan software Axence Net Tools. Aplikasi ini dapat memindai semua port pada PC kalian yang terhubung ke jaringan. Lakukan langkah-langkah berikut untuk memindah jaringan kalian;
  1. Unduh dan intal Axence Net Tools disitus ini
  2. Setelah kalian mengunduh dan menginstal Axence Net Tools, klik tombol Start, ketik nettools pada kolom pencarian dan tekan enter.
  3. Setelah NetTools terbuka , klik opsi [Scan Host].
  4. Pada boks Address, ketik localhost.jika anda ingin melakukan scanning terhadap computer lain di dalam jaringan, ketik alamat IP-nya pada boks ini.
  5. Atur port yang akan anda scan. Di NetTools kalian memiliki lima opsi: Services, Ports (Well known), Ports (Well known-extended), Ports (Range), and Ports (Trojans). Namun pilihlah Ports [Range] untuk memindai semua port.
  6. Tekan tombol [Scan] yang terdapat disebelah kotak alamat.
nah... ini lah tips kali ini, Semoga bermanfaat...
Bookmark this post:
StumpleUpon Ma.gnolia DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google